Search

Loading...

Saturday, May 28, 2011

Nutrisi yang Pas Berdasarkan Umur Perempuan

Posted by vini np at 11:41 AM
Jakarta, Nutrisi merupakan salah satu penunjang kehidupan dan mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang. Untuk itu ketahui nutrisi penting yang diperlukan perempuan berdasar kelompok usianya.

Vitamin dan mineral tertentu menjadi sangat penting pada waktu kehidupan tertentu. Berikut ini nutrisi penting yang dibutuhkan perempuan berdasar kelompok usianya, seperti dikutip dari WebMD, Jumat (26/5/2011) yaitu:


Kelompok usia anak dan remaja



Pada usia ini penting mengonsumsi buah, sayuran, produk susu dan sumber protein. Sedangkan nutrisi khusus penting lainnya adalah:
Kalsium, semua usia memang perlu kalsium tapi akan menjadi hal yang penting selama masa anak-anak dan remaja. Kondisi ini untuk membantu tulang tetap kuat dan tidak cepat keropos saat tua nanti.
Zat besi, nutrisi ini sangat penting terutama ketika gadis mulai menstruasi untuk membantu produksi sel darah merah dan mencegah anemia.
Mengurangi makanan berkalori tinggi, banyak anak-anak dan remaja sekarang yang konsumsi kalorinya berlebihan. Untuk itu hindari makanan berkalori tinggi dan perbanyak aktivitas fisik untuk menyeimbangkannya.


Kelompok usia dewasa



Beberapa nutrisi penting bagi perempuan selama dewasa terutama jika ia merencanakan untuk hamil atau sedang menyusui, yaitu:
Asam folat, nutrisi ini penting untuk mencegah cacat tabung saraf yang bisa berakibat fatal pada janin yang dikandung.
Vitamin B12, nutrisi ini memiliki peran hampir sama dengan asam folat yaitu penting bagi perkembangan sistem saraf dan fungsinya.
Asam lemak omega 3, nutrisi ini berperan banyak dalam tubuh termasuk membantu otak dan sel-sel saraf tetap sehat. Pada ibu hamil bisa membantu mencegah kelahiran prematur, sedangkan untuk perempuan yang tidak berencana hamil bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kardiovaskular lainnya.
Vitamin D, vitamin ini membantu menghasilkan sel-sel kulit ketika terkena sinar matahari serta membantu tubuh menyerap kalsium.
Zat besi, selama seorang perempuan masih mengalami menstruasi maka ia membutuhkan zat besi yang cukup, sedangkan pada perempuan yang hamil memerlukan zat besi lebih banyak.


Kelompok usia lanjut (menopause)



Setelah menopuase maka tubuh mengalami perubahan lagi. Kebutuhan zat besi tak sebanyak saat ia masih menstruasi dan ada peningkatan nutrisi lain untuk membantu menyerap dan proses metabolisme. Berikut ini nutrisi penting yang patut dipertimbangkan:
Kalsium dan vitamin D, meskipun terkadang tulang keropos tidak bisa dihindari seiring bertambah usia, tapi kondisi ini bisa diperlambat dengan mendapatkan asupan kalsium dan vitamin D yang cukup.
Vitamin B12, vitamin ini berfungsi mencegah terjadinya penurunan fungsi otak seiring dengan usia yang bisa didapatkan dari makanan seperti ikan.
Cairan, kebutuhan cairan perempuan meningkat seiring usia. Tapi umumnya saat tua kemampuan tubuh untuk mengenali sinyal haus berkurang sehingga ia cenderung mengonsumsi sedikit air.

Selain nutrisi, dibutuhkan pula aktivitas fisik yang teratur. Hal ini karena seiring bertambahnya usia perempuan ia akan mengalami kehilangan massa otot, dan aktivitas fisik bisa membantu menjaga otot.


sumber:detikhealth.com

0 comments:

Post a Comment

 

vini np's site | 2008-2014 |Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review

Winking Line Smiley