Search

Loading...

Monday, October 31, 2011

Trik Mengurangi Sakit Akibat Jarum Suntik

Posted by vini np at 7:01 PM
ak sedikit orang yang takut dengan jarum suntik karena bisa menimbulkan rasa sakit. Meski begitu ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi sakit akibat jarum suntik.

Suntikan merupakan salah satu bagian dari pengobatan atau juga vaksinasi yang tidak bisa dihindari. Namun beberapa orang kadang berusaha menghindarinya karena takut dengan jarum suntik.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit akibat jarum suntik, seperti dikutip dari Lifemojo, Senin (31/10/2011) yaitu:

1. Mengalihkan pikiran untuk kegiatan lain
Seseorang biasanya merasa sangat khawatir ketika menunggu untuk disuntik. Untuk itu alihkan perhatian dengan melakukan kegiatan lainnya yang menghibur seperti membaca buku atau mendengarkan musik.

2. Mencari perhatian lain selain jarum di ruang suntik
Ketika berada di ruangan, fokuskan perhatian pada setiap simbol, tanda atau gambar dalam ruangan. Cobalah perhatikan dengan rinci apa yang ingin disampaikan oleh gambar, berapa banyak bunga yang ada atau bagaimana ekspresi wajah dalam gambar tersebut, sehingga mencegah orang memikirkan tentang jarum.

3. Menarik napas dalam-dalam dan melakukan latihan pernapasan
Latihan pernapasan dalam bisa membantu mengurangi stres dan membuat pikiran menjadi lebih santai. Ketika pikiran sudah teralihkan dan lebih santai, maka seseorang akan lebih tenang ketika disuntik yang membantu mengurangi rasa sakit.

4. Cobalah untuk batuk
Studi yang dilakukan terhadap 68 anak di The University of Nebraska menemukan bahwa anak yang batuk saat melakukan vaksinasi lebih sedikit mengalami nyeri. Hal ini karena bantuk bisa memberikan gangguan dan merangsang sementara tekanan darah yang menghambat persepsi nyeri.

5. Menghindari kekakuan di lengan
Daerah yang mendapatkan suntikan cenderung merasa lebih tegang sehingga menimbulkan rasa nyeri yang lebih besar. Untuk itu hindari kekakuan pada lengan untuk mengurangi rasa sakit yang muncul.

Namun jika seseorang sudah merasa pusing ketika masih berada di ruang tunggu atau bahkan sampai pingsan ketika setelah disuntik, maka konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau perawat sebelum disuntik.







sumber: detikhealth.com

0 comments:

Post a Comment

 

vini np's site | 2008-2014 |Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review

Winking Line Smiley